FC Barcelona

SEJARAH WEB BROWSER

Diposting oleh Unknown on 18.00

Web browser adalah software yang berfungsi untuk mengambil, mencari dan menyajikan sumber informasi di internet. Web browser ini sebenarnya tidak hanya di gunakan untuk mengakses jaringan internet saja, tetapi juga bisa digunakan untuk mengakses private network dan data-data atau arsip pada filesystems. Web browser yang terkenal antar lain : Google Chrome, Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera dan Safari.
Web Browser pertama bernama WorldWideWeb yang di ciptakan Tim Benners-Lee, kemudian diubah menjadi nexus. Pada tahun 1993, Marc Andreessen melakukan inovasi web browser dengan membuat Mosaic yang sekarang di kenal dengan Netspace. Hal tersebut membuat sistem internet menjadi mudah untuk digunakan dan mudah untuk di akses oleh banyak orang. Pada tahum 1994 Netspace ini menjadi browser terpopuler di dunia karena menguasasi 90% dari seluruh pengguna web browser di dunia.
Pada tahun 1995, Microsoft menanggapi pembuatan web browser oleh Marc Andreessen tersebut yaitu menciptakan Internet Exproler dan terjadilah perang web browser pertama di industry internet. Internet Exproler memperoleh dominasi di pasar web browser ini dan meraih pengguna lebih dari 95% pada tahun 2002.
Opera memulai pembuatannya pada tahun 1996, walaupun belum pernah mencapai penggunaan secara luas tetapi versi mini Opera yaitu Opera Mini memberikan tambahan karena pengguna web browser di ponsel bertumbuh sangat cepat. Opera Mini terinstall pada lebih dari 40 juta ppnsel.
Pada tahun 1998, Netscape meluncurkan yang kemudian menjadi Mozilla Foundation dalam upaya menghasilkan web browser yang kompetitif. Web browser tersebut akhirnya berkembang menajdi Firefox, hingga Agustus 2011, Firefox memiliki pangsa pasar 28% web browser di seluruh dunia. Apple pun mengeluarkan web browser pada Januari 2003 yaitu Safari yang menguasai lebih dari 7% dari pasar web browser di dunia.
Pendatang baru di pasar web browser adalah Google Chrome. Pertama kali dirilis pada September 2008. Chrome memiliki popularitas yang meningkat secara signifikan dari tahun ke tahun, peningkatan tersebut berbanding terbalik dengan popularitas Internet Explorer yang cenderung menurun dari bulan ke bulan. Pada Desember 2011, Google Chrome mengalahkan Internet Explorer 8 sebagai web browser paling banyak digunakan tetapi Internet Explorer lebih unggul jika dibandingkan dengan jumlah gabungan semua versi Internet Explorer yang digunakan.
 Sumber : wikipedia.org

0 komentar:

Posting Komentar